Biodata

Selasa, 18 September 2018

Perkembangan Teknologi dan PATI


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semuanya...
Kembali lagi di Gilang Satrya Blog, yeayyy. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Perkembangan Teknologi & PATI dan semua nya akan dikupas secara tajam, setajam silet.
Perkembangan teknologi di era ini begitu pesat, Karena berkembang pesatnya teknologi ini sangat menguntungkan manusia, dapat membantu pekerjaan tanpa menggunakan tenaga manusia, jika ada dampak positif yang ditimbulkan maka ada damapak negatif pula. Salah satu contoh dampak negatif bagi anak-anak adalah kurang interaksi dengan teman seumuran karena terlalu sibuk dengan gadget masing-masing, bukan hanya itu saja jika teknologi juga digunakan untuk ajang penipuan. Maka dari itu gunakan teknologi sebaiknya dan manfaatkan dengan hal positif.

Sudah kewajiban kita untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak. Beberapa cara seperti hal berikut: membatasi pemakaian gadget,dimaksudkan agar tubuh kita tidak terus menerus menatap layar gadget karena membahayakan. Akses internet untuk kepentingan tepat, gunakan internet dengan sebaik-baiknya hindari mengunjungi situs yang merugikan sebab internet ketika dipakai dengan bijak akan membantu kita mendapatkan hidup lebih berkualitas. . Pahami aturan memakai internet dengan baik dan menguntungkan supaya perkembangan teknologi benar-benar mendatangkan keuntungan luar biasa dalam hidup kita.
Seperti yang saya lakukan saat ini, mengikuti pelatihan aplikasi teknologi internal yang ada di UMM. Kegiatan ini sangat membantu, karena menjadikan yang tidak tahu menjadi tahu. Tatacara membuat blog yang baik dan benar, belajar membuat akun, etika berinternet dan lain lain. Apalagi dengan bimbingan instruktur yang ramah dan baik. Dengan adanya evaluasi diakhir sesi diharapkan membuat peserta pelatihan dapat mereview apa yang sudah disampaikan oleh mentor.

Oke, kali ini saya akan memberikan tips dan trik agar tetap beretika dalam menggunakan internet.
MENGAPA DI INTERNET KITA HARUS NETIQUETTE?
Netiquette merupakan menjaga etika (bahasa santun) dalam menggunakan Internet. Jejaring Sosial Sama halnya di dunia nyata, pergaulan di dunia maya pun harus mengedepankan sopan santun dan tata krama. Khususnya jika kita bersosialisasi dengan orang lain di jejaring sosial, misalnya seperti Facebook dan Twitter. Sopan santun dan tata krama dalam hal apapun harus tetap diutamakan, seperti memasang status atau tweet; chating; posting foto, link, note; taging; follow/add; dan memilih profil picture. Tata krama dan sopan santun seperti halnya di kehidupan sosial nyata, saya rasa, akan membuat aktivitas sosial di dunia maya akan menjadi semakin nyaman karena adanya rasa saling hormat menghormati diantara pengguna layanan jejaring sosial. Setiap pengguna layanan social media, mempunyai hak dan privasinya dan layak untuk dihargai serta dihormati. Berikut ini tips-tips agar tetap santun di Sosial Media.

1. Hindari informasi tidak penting 
Too much facebook information merupakan konsep yang saat ini sedang mewabah. Setiap orang melakukan memperbarui status Facebook setiap kali sedang atau telah melakukan sesuatu, bahkan mencurahkan isi hatinya.
Hal-hal tersebut terkadang tidak disukai banyak orang. Alasan utamanya ialah tidak semua orang ingin tahu urusan pribadi Anda.
2. Jangan Berkata Kasar
Terkadang media sosial jadi tempat kita menumpahkan kekesalan. Tapi jika ada ucapan tidak pantas keluar dari papan ketik, teman-teman pasti akan segera menghapus anda dari daftar kontak.
3. Hindari status motivasi
Tidak ada yang suka jika linimasanya dibombardir oleh anda dengan motivasi penuh mimpi. Setiap orang bisa memotivasi dirinya sendiri tanpa harus terpancing melalui status seperti itu.
4. Bukan pakar media sosial
Siapapun mengerti kalau anda bukanlah ahli media sosial, kecuali jika memang begitu adanya. Tapi kalau bukan, jangan bertindak seperti seorang pakar yang selalu membahas mengenai cara berbisnis atau apapun di dunia maya dengan menggunakan media sosial.
5. Pahami perbedaan
Hal paling keren tentang internet ialah banyak informasi, tapi yang tidak keren ialah banyak orang yang menganggap bahwa orang lain juga memiliki ketertarikan yang sama.
6. Ucapkan salam, baik di awal chating. Misal Assalamaualaikum, atau hai, dsb. Ini menandakan bahwa anda mempunyai etika, dan kemungkinan teman chating akan senang dengan kehadiran kita.
7.  Bersikap atau berkata sopan dengan siapapun lawan chatting kita, kecuali memangdengan orang yang benar2 akrab dan kenal secara fisik sebelumnya misal teman sekolah atau teman sekampung halaman mungkin tidak terlalu masalah.
8.  Jangan mengeluarkan kata-kata kotor, jorok, porno atau yang mengandung unsur SARA, ini sangat senitive dan dapat menyinggung dan menyebabkan perpecahan.
9.  Berusaha jujur tentang apa yang dibicarakan, kecuali memang menyangkut privasi boleh saja ditutupi untuk kenyamanan kita.
10. Tambahkan emoticon untuk meluapkan emosi wajah, agar menambah hidup obrolan kita.
11.  Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname, terlebih anda mengobrol dengan orang yang memang belum anda kenal sebelumnya, akan tetapi gunakanlah nama alias yang baik dan sopan.
12. Jangan memberikan nomor telepon, handphone atau alamat rumah jika memang belum benar-benar kenal dengan teman chatting anda, dan jangan pernah memberikan nomor rekening bank atau nomor rekening lainnya kepada lawan chatting anda, sebelum anda yakin dengan dia orang tersebut, kalau pun yakin tentang orang atau golongan tersebut yang anda ajak chatting, carilah referensi lain mengenainya.
Jika lawan chatting anda menanyai anda seperti wartawan, ingin mengetahui biodata anda secara lengkap, sebaiknya tanyailah maksud dan tujuannya, karena dikhawatirkan akan bermaksud yang tidak baik.
13. Jangan membuka terlalu banyak jendela obrolan, dikhawatirkan tidak akan fokus chatting, bisa- saja teman anda jengkel karena tidak fokus. Lebih lagi anda akan salah mengirimkan kata ke teman yang lain.
14. Jangan iseng mengganggu atau bercanda walaupun banyak status teman yang online, siapa tahu teman online kita tidak sedang ingin chatting. Sapalah terlebih dahulu, baca situasinya apakah dia mau diajak untuk mengobrol atau tidak. Mungkin anda sudah bisa mengetahui seperti apa situasinya.
15. Akhiri dengan salam kembali, misalnya assalamualaikum juga, atau bye atau sekedar say hi. Jangan lupa ucapkan terimakasih dan sampai jumpa agar teman chatting anda senang kembali mengobrol dengan anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar